Mental Health

MENTAL HEALTH

    Saat ini dunia mulai gencar kembali menyebarkan isu tentang mental health, sebenarnya apa sih mental health itu? Seberapa pentingkah mental health bagi kita di era globalisasi ini? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana setiap individu bisa mewujudkan potensi mereka sendiri. Dalam artian, mereka dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat melaksanakan hidup secara produktif dan bermanfaat, dan mampu  berkontribusi terhadap sesama. Lalu bagaimana kondisi kesehatan mental di Indonesia sendiri? Apakah sudah bisa dikatakan bahwa penduduk Indonesia sehat secara mental? Berdasarkan Survei  Skor Kesejahteraan 360o  tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Cigna menyatakan bahwa tingkat stres penduduk Indonesia tidak setinggi Negara lain, dimana 86% responden di seluruh dunia menyatakan bahwa mereka merasa stres dalam menjalani kehidupannya, sedangkan di Indonesia, hanya 75% responden yang merasa bahwa dirinya stres.  Walaupun angka yang ditunjukkan relative tinggi, tetapi tingkat stres orang Indonesia memiliki peringkat terendah dari seluruh Negara yang disurvei.

    Gangguan kesehatan mental dapat berupa depresi, kecemasan, gangguan bipolar atau skizofrenia, gangguan stres pasca trauma, gangguan obsesif kompulsif, dan psikosis. Yang mana  disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor genetika, hubungan antar anggota keluarga (kekerasan dalam rumah tangga) dan teman sejawat (diskriminasi), gaya hidup, pekerjaan, dan faktor lingkungan lainnya. Lalu bagaimana supaya kita bisa selalu menjaga mental kita supaya tetap sehat? Yaitu dengan istirahat yang cukup, berolahraga, melakukan hobi yang disukai, terapi berfikir positif, menjaga hubungan baik dengan orang lain, jaga pola makan yang sehat, Me time, dan bersahabat dengan hal yang mempengaruhi fisik dan mental

    Untuk itu kesehatan mental sangatlah penting , karena kesehatan seseorang berawal dari kesehatan mentalnya. Gangguan kesehatan mental memang tidak mematikan secara langsung, tetapi dapt melumpuhkan kemampuan fisik seseorang dapat mengarahkan pada kecenderungan bunuh diri.


sumber :

World Health Organization. 2014. Mental Health: a state of well-being . Retrieved from World Health Organization: http://www.who.int/features/factfiles/mental_health/en/.

Cigna. Anak muda dan Kesehatan mental, mengapa generasi muda rentan stres?. https://www.cigna.co.id/health-wellness/anak-muda-dan-kesehatan-mental. Diakses pada 10 Oktober 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini